iluhnuna

Cara Berfikir Positif Untuk Pikiran Yang Lebih Tenang

Posting Komentar
cara berfikir positif

Kita sering mendengar tentang kekuatan pikiran bukan. Pikiran dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan juga emosi seseorang. 

Untuk itulah kita sering bertemu dengan kata-kata kendalikan pikiranmu. Baik berupa nasehat maupun dalam tulisan di buku. Pikiran bisa menjadi sumber kebahagiaan sekaligus penyakit tergantung cara kita menggunakannya.

Masalahnya adalah orang lebih mudah berfikir negatif dibanding dengan berfikir positif. Kebiasaan berfikir negatif itu akan menggiring kita memiliki perasaan iri, cemburu, cemas, takut dan perasaan buruk lainnya. 

Agar kita menjadi pribadi yang lebih tenang dan mudah bahagia, kita harus lebih sering berfikir positif. Lalu bagaimana cara berfikir positif yang bisa kita lakukan?

Menumbuhkan Kebiasaan Berfikir Positif

Pikiran positif adalah mental yang membentuk tindakan dan perkataan ke arah yang lebih baik. Dengan menanamkan kebiasaan berfikir positif maka kita akan dikelilingi dengan hal yang baik.

1. Kelola Pikiran Negatif

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali pikiran negatif itu sendiri dan berusaha mengelolanya.

Pikiran negatif ini sering membuat seseorang memikirkan hasil terburuk dari suatu situasi. Bisa juga muncul sebagai penilaian kepada diri sendiri dan orang lain dengan rendah. 

Ketika pikiran negatif itu muncul kita harus segara sadari dan coba tanyakan pada diri sendiri apakah pikiran seperti itu hanya dugaan atau rasa khawatir semata. 

2. Ingat Bersyukur

Pandai bersyukur akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih tenang dan bahagia. Jangan membandingkan diri dengan orang lain. 

Seperti lagu dari band D'Masiv syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah. 

Lagu yang bisa kita amalkan dan ingat terus sebagai pengingat diri disaat kita mulai merasa iri dengan apa yang orang lain miliki. 

3. Mencari Kegiatan Menyenangkan

Daripada suntuk dan memelihara pikiran yang negatif, mulailah untuk mencari kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. 

Ada bermacam hobi untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Kenapa ibu rumah tangga? 

Karena ibu rumah tangga sering sekali dihampiri perasaan kosong, jenuh, bosan. Akhirnya kita jadi keseringan overthinking memikirkan hal-hal negatif.

Setidaknya dengan memiliki hobi atau melakukan kegiatan yang disukai, kita punya wadah untuk mengalihkan pikiran negatif tersebut.  

4. Beri waktu Istirahat

Tubuh dan pikiran yang lelah cepat membuat kita menjadi stress. Stress ini juga dapat memunculkan beragam pikiran negatif. Untuk itulah kita juga perlu mengelola stress. Berikan waktu untuk tubuh dan pikiran beristirahat agar pikiran tetap segar.

5. Memakai Sudut Pandang Positif

Setiap orang memiliki masalah dan ujiannya masing-masing. Apapun yang terjadi pada kita cobalah memikirkannya menggunakan sudut pandang positif.

Hal ini aku pelajari dari seseorang. Aku kagum pada beliau karena apapun yang terjadi padanya beliau ini selalu berfikir positif. "ah ini adalah ujian." ungkapnya selalu.

Hal yang paling aku pegang kata-katanya adalah "setiap orang itu punya ujiannya masing-masing. Ada yang diuji dengan harta, pasangan atau anak." Dan menurut beliau ujian yang sedang dihadapinya adalah anak. 

Dari sanalah aku belajar untuk memandang sesuatu harus dilihat dari sudut positifnya. Agar hati bisa terima dan lebih tenang. Meski tetap ada ego yang akan terus mempengaruhi. 

6. Lingkungan Yang Positif

Pergaulan itu sangat mempengaruhi pola pikir yang dihasilkan. Karenanya kita boleh kok memilih pergaulan. 

Bergaul dengan orang yang memiliki pikiran positif sama dengan memotivasi kita untuk melakukan hal serupa. Karena setiap kita memiliki pikiran yang negatif kita akan diingatkan. 

Kesimpulan

Cara berfikir positif itu harus kita usahakan agar hidup menjadi lebih tenang dan hati juga bahagia. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kebiasaan berfikir positif seperti yang aku jabarkan.

Adakah yang memiliki cara lainnya? boleh kita saling sharing. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar