iluhnuna

Sumber Mencari Ide Postingan Blog

Posting Komentar
mencari ide postingan blog

Buntu ide bisa jadi hal buruk bagi blogger. Rasanya setiap blogger pasti pernah mengalami buntu ide. Mungkin awal-awalnya kita punya banyak ide postingan sehingga tidak khawatir dengan yang namanya buntu ide. Tapi semakin sering menulis terkadang kita suka bingung mau membahas apa lagi.

Jangan sampai buntu ide ini membuat blog kita jadi dipenuhi sarang laba-laba alias mangkrak. Kelamaan mangkrak berdampak pada pageview harian.

Selain itu minat menulis jadi menurun sampai kemampuan menulis akhirnya menurun juga karena kelamaan libur. Ini pernah aku alami.

Bukan karena buntu ide tapi lebih ke libur panjang. Alhasil ketika mau menulis aku sampai lupa dengan rambu-rambu khas yang aku buat. Lebih sedihnya lagi pageview harian menurun drastis.

Tidak mau kan mengalami hal serupa seperti aku. Kita memang perlu mengambil jeda sejenak tapi jangan terlalu lama. 

Bagaimana mencari ide postingan blog saat buntu ide?? Sama sekali tidak terlintas mau menulis sesuatu. Oke mari kita cari sumbernya bersama.

Lifestyle Blog

Awal sekali aku kurang memahami apa yang dimaksud dengan blog lifestyle. Dalam bayanganku saat itu bahasannya tentang gaya hidup seperti fashion. Eh tapi ternyata fashion itu punya sebutannya sendiri dan jadi niche tertentu.

Semakin aku cari tahu ternyata blog lifestyle memiliki rentang topik yang sangat luas. Jadi ada banyak topik yang dapat ditulis. Sehingga dikenal juga dengan blog gado-gado.

Fokus utama dari lifestyle blog adalah seputar kehidupan dan cara kita menjalaninya. Menuliskan sebuah pengalaman atau saran berharga berdasarkan pengalaman.

Aku pernah menuliskan kelebihan dan kekurangan blog lifestyle jika dibandingkan dengan blog dengan niche spesifik. Biasanya pembaca lebih suka suatu bahasan yang telah teruji, dicoba dan benar.

Sumber Mencari Ide Postingan 

Saat ini kita bisa menemukan banyak cara menggali ide untuk topik di blog. Kita bisa menemukan ide di berbagai sumber baik itu sumber online maupun offline. 

Saat mengalami buntu ide ada baiknya kita tetap berusaha mencari. Jika tidak dicari mustahil ide itu akan datang dengan sendirinya. Iya sih bisa saja datang tiba-tiba tapi kan ngga selalu.

Berikut ini ada beberapa sumber untuk menggali ide postingan berdasarkan pengalaman pribadi. Mungkin teman nuna punya sumber atau cara lain menggali ide. 

1. Sharing Pengalaman

Punya pengalaman berharga atau biasa-saja coba saja bagikan di blog. Mungkin tidak semua orang akan tertarik membacanya tapi bisa jadi menghibur pembaca.

Aku suka terkejut dengan cara berfikiran orang lain. Pernah main ke blog orang dan bahasan dia itu receh banget tapi berdasarkan sesuatu yang lagi viral. 

Tapi membacanya punya kesan tersendiri. Sampai aku sendiri disadarkan "bisa loh nulis receh kayak gini tapi menarik untuk dibaca." Dan membuat orang bertanya-tanya dengan dirinya sendiri.

Tema ini bisa kita tiru dan modifikasi dengan gaya kita. 

2. Tulis Ulasan Produk

Saat bingung mencari ide tulisan coba lihat barang-barang di rumah. Ngga harus barang atau produk mahal yang harus di ulas. Sekedar barang sehari-hari seperti deterjen cuci baju atau produk kecantikan yang biasa digunakan. 

Bisa juga menuliskan hobi atau kegiatan baru yang suka dilakukan seperti merawat tanaman.

3. Peringatan Hari Khusus

Menandai kalender dengan hari-hari besar atau hari perayaan khusus bisa menambah ide juga. Hari peringatan ulang tahun anak atau anniversary. Kita bisa menulis berdasarkan hari perayaan tersebut.

4. ATM Situs-Situs Ternama 

ATM disini maksudnya Amati, Tiru, Modifikasi seperti penjelasan nomor 1. Kita bisa jalan-jalan di situr ternama seperti hipwee, idn times dll. Amati apa saja yang dibahas di situs tersebut. Kita bisa menggali ide dari tulisan mereka.

5. Medengarkan Podcast

Males baca?? Eh tapi blogger ngga boleh males baca lho...

Boleh deh mampir mendengarkan podcast. Dari apa yang mereka bicarakan kita bisa tiba-tiba terpikirkan sebuah ide tulisan.

6. Trending Topik Twitter

Sejujurnya aku rada jarang sih menggunakan twitter. Hanya kadang-kadang buat liat trending topik saja. Siapa tahu dari masalah yang lagi viral kita bisa merubahnya jadi tulisan berguna.

7. Manfaatkan Quora

Quora ini seperti situs tanya jawab gitu. Kita bisa melempar pertanyaan nanti akan ada yang memberi jawaban. Atau kita bisa memberi tanggapan akan pertanyaan orang. 

Kita juga bisa melihat berbagai pertanyaan orang-orang disini beserta tanggapannya. Bisa juga disesuaikan dengan minat kita. Quora ini tersedia versi aplikasinya jadi lebih mudah scrolling-scrolling. Tapi kita perlu bikin akun dulu.

8. Manfaatkan Pinterest

Selain sebagai sumber inspirasi gambar, pinterest juga bisa dijadikan sumber mencari ide postingan. Kita juga bisa share gambar dan link postingan juga disini.

Kebanyakan sih blog orang luar negri yang suka muncul. Kita justru bisa mendapat banyak ide dari blog mereka. 

9. Postingan Di IG

Melihat postingan Instagram juga bisa jadi sumber inspirasi menulis. Banyak akun-akun yang suka membagi tips, kata-kata motivasi dll. Pintar-pintar kita mengolah postingan tersebut menjadi sebuah tulisan.

10. Buku Bacaan

Buku adalah gudangnya ilmu kan. Kita bisa menulis ulasan buku atau mengutip topik pembahasan dari buku tersebut. Jangan lupa sertakan sumber.

Kesimpulan

Mencari ide postingan blog bisa dilakukan secara online ataupun offline. Dengan membaca tulisan orang atau tulisan dari situs ternama bisa memunculkan ide baru yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Terkadang kita memang perlu pancingan untuk bisa memunculkan sebuah ide. 

Sebagai blogger kita tentu harus punya sopan santun atau tata krama yang baik. Sertakan sumber saat kita mengutip tulisan blogger lain atau situs tertentu. Hal itu tidak perlu jika kita hanya mengambil topik atau ide tanpa ada kutipan dari tulisan asal.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar