iluhnuna

Apa Alasan Memilih Belanja Online? Ayo Cari Tau

Posting Komentar

kemudahan belanja online

Kenapa orang lebih suka belanja online? 

Belajar bisa dilakukan secara online bahkan belanja pun bisa dilakukan secara daring. Perkembangan jaman yang mana hampir semua orang sudah memiliki gawai dan terkoneksi dengan internet semakin memudahkan semuanya.

Situs-situs jual beli mulai bermunculan mengubah gaya hidup orang dari belanja offline menjadi online. Tidak hanya melalui situs tertentu saja, ada juga pedagang yang menjual dagangannya melalui promosi media sosial

Tentu saja bermunculannya toko online ini memberi dampak bagi pengusaha yang tidak siap mengikuti perkembangan jaman. Bahkan beberapa diantaranya menjadi gulung tikar. 

Tulisan ini masih ada kaitannya dengan tulisanku sebelumnya. Dijaman yang serba digital, dan apa saja bisa dilakukan secara online. Kita semua merasa dimudahkan dalam berbagai hal. 

Ada beberapa alasan anak muda maupun orang tua kini beralih belanja secara online meski tidak sepenuhnya meninggalkan belanja offline.


Apa Alasan Untuk Belanja Online?

Jauh sebelum pandemi melanda kegiatan belanja online memang sudah ada tapi tidak seramai sekarang. Saat itu pilihan toko online yang tersedia terbatas dan belum semua orang melek cara belanja online.

Saat ini hampir semua orang tidak hanya anak muda saja sudah melek teknologi dan bisa bertransaksi online. Aku pribadi dari dulu memang lebih suka belanja online. Alasannya adalah 

1. Banyak Pilihan

Toko online saat ini tidak hanya menjual satu barang saja. Hampir semua barang kebutuhan ada. Mulai dari hal dasar seperti pakaian bahkan sampai ke alat pertukangan juga tersedia. Cukup dengan membuka satu situs kita bisa melihat banyak barang. Tapi ada juga situs khusus yang menjual barang tertentu saja.

2. Mudah Mencari Perbandingan Harga

Toko online menyediakan barang dari harga murah sampai harga termahal. Kita jadi lebih mudah untuk membandingkan harga satu produk di setiap penjual. Tinggal sesuaikan dengan isi kantong.

3. Hemat Waktu & Tenaga

Ini adalah alasan terbaik bagi kaum rebahan. Daripada muter-muter dan panas-panasan di jalan, belanja online bisa dilakukan sambil rebahan. Orang bisa belanja kapanpun dan di manapun tanpa takut terjebak macet dan kehabisan bensin.

4. Selalu Ada Promo

Toko online kini banyak menawarkan gratis ongkir (ongkos kirim). Banyak barang juga yang didiskon sehingga jadi lebih murah. Promo gratis ongkir ini hampir selalu ada setiap bulan. Mulai dari potongan sampai yang bener-bener gratis 0 (nol) rupiah.

5. Barang Lebih Murah

Ini aku sering mengalami. Niat hati belanja di toko offline saja agar barang cepat ditangan tapi harganya mahal. Setelah di cek di toko online aku bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Jadi lebih pilih mana?? 

6. Mudah Menemukan Barang

Pernah aku ingin membeli kursi bonceng untuk anak. Muter-muter deh kita mencari karena butuh cepat. Sudah panas jauh juga ternyata barang yang aku mau susah dicari dan harus custom di tempat yang aku tidak tahu dimana.

Akhirnya aku memilih beli secara online dan dengan bersabar beberapa hari barang sudah ada di tangan. Sesuai dengan keinginan dan bagus. Jadi makin suka belanja online. 


Belanja Online Aman Agar Tidak Kecewa

Bagiku belanja online memberikan banyak kemudahan. Dengan cukup dirumah saja barang tiba-tiba sampai. Tapi ada hal yang harus diperhatikan saat kita belanja online agar tidak tertipu. 

1. Pilih e-commerce Terpercaya

Banyak pilihan tempat untuk berbelanja online. Mulai dari toko orange atau toko hijau. Pilih e-commerce yang sudah terkenal, banyak digunakan masyarakat dan terpercaya.

2. Perhatikan Reputasi Penjual

Cek status penjual aktif atau tidak. Perhatikan testimoni dari pembeli. Sudah berapa banyak barang yang dijual. Perhatikan lokasi penjual ada di dalam negri atau luar negri.

3. Ulasan Produk

Jangan langsung tertarik dengan foto produk. Setelah cek reputasi penjual kita juga harus membaca deskripsi produk dan testimoni pembeli. Perhatikan juga foto dari pembeli. Sesuai dengan keinginan kita atau tidak. Biasanya ulasan foto dari pembeli terlihat lebih nyata.

4. Harga Yang Masuk Akal

Meskipun kita belanja online mencari barang yang murah tapi harganya juga harus masuk akal. Jangan tergiur harga murahnya saja. Memiliki perbedaan harga dengan selisih yang tidak terlalu jauh masih wajar. Akan mencurigakan harga yang diberikan terlalu murah atau bahkan terlalu mahal dibandingkan toko lainnya.

5. Temukan Langganan

Jika kita sering berbelanja online dan barang yang kita terima bagus dan sesuai pesanan jangan ragu untuk menjadikannya toko langganan. Karena kita sudah mengetahui kualitas barang dan reputasi penjualnya. 

Alasan orang memilih belanja online tentu saja karena kemudahan yang ditawarkan. Tapi sebagai konsumen kita juga harus berhati-hati agar tidak tertipu. 

Memastikan langkah-langkah di atas semoga menghindarkan teman nuna dari kekecewaan saat berbelanja online. Jangan terburu-buru dalam hal apapun dan pastikan selalu membaca deskripsi dengan baik.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar