iluhnuna

Rekomendasi Aplikasi Yang Memudahkan Aktifitas Ngeblogmu

Posting Komentar
aplikasi memudahkan ngeblog

Teman nuna terbiasa menulis blog duduk manis didepan meja menggunakan laptop atau ada yang terbiasa menggunakan hp? Atau malah menggunakan keduanya? Seperti aku yang tidak bisa lepas dari keduanya. 

Kalau aku pribadi harus ada waktu khusus yang disediakan untuk ngeblog menggunakan laptop. Apalagi laptopnya ini sangat tergantung dengan daya listrik langsung alias baterainya sudah tidak berfungsi.

Kalau menggunakan hp lebih fleksibel menurutku karena bisa menulis sambil rebahan atau mencari elemen pelengkap untuk mengisi tulisan. 

Kali ini aku lebih merekomendasikan aplikasi yang bisa diinstal di hp tapi juga bisa dibuka di laptop menggunakan browser chrome. Mereka saling terkoneksi jadi lebih memudahkan aktifitas ngeblog. Aplikasi memudahkan ngeblog ini aku mulai pakai dalam keseharian. 

Aplikasi apa sajakah itu?? Kalian tentunya familiar dengan aplikasi ini atau malah sudah menggunakannya sejak lama.

Rekomendasi Aplikasi Yang Memudahkan Ngeblog

Mungkin aku terbilang agak ketinggalan dalam kecanggihan saat ini. Bahkan kalian mungkin sudah sejak lama menggunakan kemudahan ini.  Tapi aku tidak apa-apa karena ini adalah proses menaiki tangga. 

"Lebih baik telat daripada tidak sama sekali"

Aku sudah lama menggunakan aplikasi ini tapi beberapa diantaranya aku tidak tahu kalau aplikasi ini bisa memudahkan aktifitas ngeblogku. 

1. Google Foto

google foto untuk apa

Aplikasi produk google ini biasanya sudah ada saat kita membeli smartphone kan. Jujur selama ini aku kurang memanfaatkan aplikasi ini. Karena selama ini aku merasa tidak perlu untuk menyimpan foto di layanan penyimpanan milik Google ini.

Sebagai blogger tentu kita membutuhkan foto untuk mengisi tulisan agar lebih menarik dan tidak membosankan. Apalagi aku sebagai blogger yang lebih sering mengulas drama Korea, tentunya butuh foto pemeran yang mendukung isi tulisan.

Blogger spesialis drama Korea tentu agak berbeda dengan blogger yang bisa mengambil gambar dari situs berbagi gambar gratis untuk mempercantik postingannya. Kalau foto para pemain drakor aku tidak pernah menemukannya disana. Jadi aku harus mendownloadnya dari media sosial pemainnya ataupun media sosial stasiun penayangnya. 

Setelahnya foto tersebut akan tersimpan di hp. Jujur awal-awal ngeblog itu aku masih pakai cara manual untuk memindahkan foto tersebut ke laptop. Akhirnya kini aku mulai tersadar dari kesesatan menyulitkan itu. 

Dengan menggunakan google foto aku tinggal mendownloadnya saja dari sana saat membuka laptop. Sebelumnya kalian tentu harus menautkan google foto dengan email kalian. Foto yang ada di dalam galeri hp akan otomatis terupload di google foto. 

2. Situs Image Compressor 

Gambar atau foto yang diupload ke dalam postingan seharusnya tidak lebih dari 100kb sesuai ketentuan SEO on page. Maka foto tersebut harus di compress atau dikecilkan ukurannya. Ada banyak situs untuk mengecilkan ukuran foto. 

litphoto adalah

Dari hp juga kita bisa mengecilkan ukuran foto. Aku menggunakan aplikasi Lit Photo. Cara menggunakannya juga cukup simple. Cukup pilih gambar lalu kompres gambar sesuai yang kita mau (pilih select quality 80%) hasilnya juga cukup bagus. Kalau sudah di kompres kita bisa langsung memasukkannya ke dalam draft postingan. 

Tentunya aku sudah jarang menggunakannya. Digunakan jika dalam keadaan kepepet saja.

3. Google Keep

google keep adalah

Aku sebenarnya sudah lama menggunakan layanan google keep ini. Tapi sejauh ini aku tidak pernah memanfaatkannya untuk aktifitas ngeblog. Aku hanya menggunakannya sebagai catatan pribadi atau sebagai catatan belanja bulanan.

Akhir-akhir ini ketika terbesit ide postingan atau terbesit draft kasar untuk isi postingan aku langsung mencatatnya di aplikasi google keep yang aku instal di hp. Aplikasi ini konsepnya sama dengan google foto bisa dibuka dari browser juga. Jadi bisa copy paste hasil pemikiran kasar ke dahsboard blog dengan mudahnya. 

Aku juga menggunakannya untuk mencatat ide postingan. Alasannya karena hp lebih sering dipegang daripada buku jadi aku bisa melihatnya kapan saja dan lebih termotivasi untuk segera mengeksekusinya. 

4. Aplikasi Blogger

aplikasi blogger di hp

Aku juga menginstal aplikasi ini di hp. Awalnya aku memang suka menulis draft langsung di aplikasi ini daripada menggunakan google dokumen. Apalagi draft yang kita tulis langsung terkoneksi dengan blogger web. 

Jadi kalau di jeda ya draftnya sudah ada, tinggal melanjutkan saja saat membuka laptop. Tapi akhir-akhir ini aku sudah tidak menggunakan aplikasi ini. Paling aku buka saat ingin mengedit sedikit postingan. Karena menurutku kini lebih enak menggunakan google keep. Apalagi hanya sekedar menangkap isi kepala yang muncul tiba-tiba.    

5. Aplikasi To Do List

aplikasi to do list untuk apa

Aku baru menggunakan aplikasi ini. Pernah suatu hari aku merasa bingung mau mengerjakan apa dahulu. Sok sibuk ini sih. Tapi seperti ada banyak hal yang harus aku selesaikan. Jika tidak ditulis aku merasa akan lupa harus mengerjakan apa.

Aku itu suka menuliskan segala sesuatu di buku catatan. Tapi aku mulai menyadari kalau hp ini lebih sering dipegang dan dilihat daripada buku catatan. Meskipun aku tetap menuliskannya di buku.  Akhirnya aku memutuskan memasang aplikasi to do list, lalu dipasang mode widget pada layar hp sehingga memudahkan aku melihat catatan yang harus aku kerjakan. 

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tampilan sederhana. Kita juga bisa membuat catatan tugas untuk beberapa hari kedepan. Ini mirip seperti monthly plan dalam blog plan kita.

6. Aplikasi Canva

aplikasi canva

Kalau untuk blogger, aplikasi canva ini sih wajib punya menurutku ya. Buat yang tidak jago desain bisalah kita membuat desain ala-ala yang membuat cantik postingan blog. 

Kalau aku menginstal aplikasi ini juga di hp. Karena ya jika tidak sempat menyelesaikan segalanya di depan laptop aku bisa melanjutkannya sambil rebahan di hp. 

Nah itu dia enam aplikasi memudahkan ngeblog ala iluhnuna. Tentu saja aku memilih keenam aplikasi ini karena bisa dibuka baik dari hp maupun dari browser. 

Mereka tertaut dengan email. Jadi sudah tidak ada namanya lagi menggunakan kabel data. Share yuk teman nuna adakah menggunakan aplikasi yang sama atau yang lainnya dalam memudahkan ngeblog??


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar