iluhnuna

5 Fakta Kebiasaan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Posting Komentar

Fakta-unik-Indonesia

Tema kali ini adalah mengulas tentang fakta unik Indonesia yang Jarang diketahui. Dari tema tersebut saya memilih untuk mengulas kebiasaan orang indonesia yang dianggap unik oleh orang asing yang sedang liburan di Indonesia. 

Setiap negara pasti memiliki keunikannya masing-masing. Saking uniknya, orang asing sampai aneh melihat kebiasaan warga Indonesia ini. Sebagai warga Indonesia kita mungkin menganggap kebiasaan ini adalah hal yang wajar. 

Berikut ini adalah kebiasaan unik orang Indonesia yang bisa kamu temukan hanya di Indonesia. 


Fakta Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Harus Makan Nasi

Sering kita dengar kalimat "belum kenyang kalau belum makan nasi". Memang makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Tapi sejatinya posisi karbohidrat yang terkandung dalam nasi bisa digantikan oleh makanan lain. 

Nah kebiasaan orang Indonesia ini sepertinya susah untuk dilepaskan. Saking cintanya pada nasi tak jarang kita lakukan adalah makan nasi dengan lauk mi goreng ditambah perkedel kentang. Padahal itu semua adalah karbohidrat.

Makan Pakai Tangan

Lagi ada yang viral di medsos belakangan ini. Ada perdebatan mengenai cara makan nasi padang. Jadi nasi padang itu enaknya dimakan menggunakan tangan atau menggunakan sendok??

Makan menggunakan tangan itu memiliki kenikmatan tersendiri. Bahkan acara makan- makan yang ditampilkan di tv pun tak sungkan-sungkan memperlihatkan kebiasaan ini. Tentu saja kebiasaan ini dianggap aneh oleh orang asing yang terbiasa makan menggunakan sendok atau sumpit.  

Suka Sambel

Orang Indonesia juga terkenal suka makanan pedas. Kalau makan wajib nih ada sambel sebagai pendampingnya. Katanya kalau makan tanpa sambel seperti ada yang kurang. Sedangkan orang asing lebih memilih cita rasa pedas dari saos sambel. Bukan sambel dari cabe yang diulek.

Faktanya makan makanan pedas dipercaya menambah selera makan. Selain itu bisa juga menghilangkan rasa sakit karena senyawa capsaicin memiliki sifat analgesik.

Nikah Itu Ibadah

Susahnya jadi orang Indonesia itu suka ditanyain kapan nikah. Baru lulus kuliah juga udah ditanyain kapan nikah. Kebanyakan orang Indonesia meyakini nikah itu ibadah. Oke sebagai warga yang beragama tentunya mereka mempercayai itu. Terlepas dari pandangan segi agama, nikah itu adalah kesiapan mental dan finansial.

Lucunya lagi kita percaya "nikah aja dulu nanti rejeki juga ada". Tapi jika rejeki tidak dijemput ya ngga dateng juga. Prinsip inilah yang membuat kebanyakan orang Indonesia menikah di usia yang terbilang muda. Bahkan ada yang belum mencicipi dunia kerja sudah memilih untuk menikah.  

Bedanya orang asing sebelum menikah mereka memilih memapankan diri. Seperti negara Korea Selatan. Karena tingginya biaya hidup dan tingginya biaya untuk melangsungkan pernikahan, sebagian besar warganya memilih untuk memapankan diri terlebih dahulu. Menyiapkan segala dana yang dibutuhkan untuk menikah bahkan menyiapkan tempat tinggal terlebih dahulu. 

Kerokan

Kebiasaan ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Meriang atau merasa tidak enak badan sedikit solusinya adalah kerokan. Konon kerokan dipercaya membuang angin yang ada dalam tubuh. Semakin merah warna guratan pada tubuh berarti memang kondisi badan lagi masuk angin.

Melansir dari halaman halodoc, kerokan membuat suhu tubuh meningkat dan badan menjadi hangat. Tubuh yang memanas ini mengakibatkan pembuluh darah dalam tubuh melebar yang membuat peredaran darah menjadi lancar. Kerokan juga bisa meningkatkan imun dan kekebalan tubuh.

Hal yang perlu diwaspadai adalah jangan melakukan kerokan sering-sering karena kerokan membuat pori-pori kulit terbuka dan rentan dimasuki bakteri dan virus. 

 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

Posting Komentar