iluhnuna

5 Cara Sederhana Hidup Sehat Dan Awet Muda

Posting Komentar

cara-hidup-sehat-awet-muda

Cara hidup sehat dan awet muda bisa didapatkan jika kita mau merubah kebiasaan hidup kita selama ini. Dengan menerapkan pola hidup sehat banyak keuntungan yang akan didapat, salah satunya adalah tampak awet muda.

Menerapkan pola hidup sehat bisa dibilang susah kalau tidak ada komitmen dan niat yang kuat untuk menjalankannya. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan positif kita bisa bisa mencegah proses penuaan dini. 

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap prima dan sehat. Apa sajakah itu? mari kita bahas

Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

Berolahraga

Kita semua pasti tau kalau olahraga adalah jawaban yang tepat untuk menjaga kesehatan. Dengan berolahraga kalori kita akan dibakar sehingga membantu menjaga berat badan tetap ideal. Semakin sering berolahraga maka kalori yang dibakar semakin banyak.

Kalian bisa memilih olahraga sesuai kemampuan kalian. Bisa jogging, bersepeda, berenang dan masih banyak lagi. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Jika kalian bingung memilih kegiatan olahraga, kita bisa melakukannya di rumah dengan bantuan instruktur online. Di youtube banyak sekali pilihan olahraga yang bisa dilakukan. Senam, aerobik, yoga, macem-macem. 

Kalau kata Ade Rai di akun tiktoknya jangan menunggu waktu luang untuk olahraga, tapi luangkanlah waktu untuk berolahraga. Kenapa beliau bisa bilang begitu?? Karena kalau kita diminta melakukan olahraga pasti ada aja alasannya. Sibuk ini sibuk ituakhirnya tidak ada waktu untuk berolahraga. Tapi ada waktu untuk nongkrong.

Kita semua pasti punya akun tiktok pastinya. Cobalah follow akunnya. Beliau sering memberi penjelasan tantang kesehatan badan dengan olahraga. Bahkan mengajak untuk melakukan olahraga ringan di rumah dengan alat seadanya.

Minum Cukup Air Putih

Ini adalah kunci sehat dan awet muda berikutnya. Air putih adalah pilihan minuman terbaik bagi tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kebutuhan cairan tubuh tiap orang juga beda-beda tergantung aktifitas dan cuaca. 

Kita biasanya dianjurkan untuk minum 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Cara sederhana untuk mengetahui tubuh kita sudah terhidrasi dengan cukup adalah melihat warna urine. Indikator urine yang sehat adalah berwarna bening yang berarti cukup cairan.

Aku juga pernah mengalami hal yang kurang mengenakkan karena kurang minum. Ketika puasa cairan tubuh kita pasti berkurang. Ketika bulan puasa di akhir aku mengalami sakit perut hebat penyebabnya aku tau pasti karena kurang minum. Karena sebelumnya ketika mengecek cairan urine sendiri warnanya sudah bukan kuning pekat melainkan sudah ke warna agak kemerahan. Parah banget.

Dan benar saja malam harinya setelah berbuka perutku sakit hebat. Bahkan sakitnya melebihi rasa sakit ketika akan melahirkan. Bahkan aku sampai takut jika harus ke rumah sakit. Untungnya tidak. Ini agak bikin trauma aja. Karena aku sendiri memang susah untuk minum air putih dalam sehari-hari. Ditambah kita lagi puasa yang hanya bisa minum diwaktu sahur dan berbuka. 

Jadi jangan lupa untuk perbanyak minum air putih. 

Cukup Tidur

Saya pernah membaca kisah seseorang yang temannya meninggal karena sering begadang dan tidur waktu siang. Tidur yang cukup akan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan. Jika kalian sering begadang maka siap-siap untuk mempunyai kantong mata berwarna hitam. 

Kita sering mendengar bahwa tidur yang cukup adalah sekitar 7-9 jam. Hal itu juga tergantung dari usia. Untuk anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak karena masa pertumbuhannya.

Jika ingin hidup sehat dan awet muda mari kita kurangi begadang. Bahkan bang Rhoma Irama sampai membuatkan lagu kan kalau jangan begadang bila tiada artinya. 

Jaga Pola Makan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentunya kita harus menjaga apa yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi mengkonsumsi daging dan perbanyak makan sayur dan buah. Karena faktanya mengkonsumsi sayur dan buah bisa membuat orang tampak awet muda.

Kurangi juga untuk mengkonsumsi gorengan. Seperti yang kita tahu kalau makanan berlemak dan berminyak bisa meningkatkan kolesterol dan berdampak buruk bagi tubuh. 

Ditambah lagi harga minyak goreng awal tahun ini (2022) juga meroket. Kesempatan bagus untuk kita beralih mengkonsumsi aneka rebusan yang lebih menyehatkan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk mewujudkan impian memiliki tampang awet muda adalah menjaga kesehatan kulit kita. Jika kamu perokok, perlahan cobalah untuk berhenti. Selain tidak baik untuk kesehatan tentunya tidak baik juga untuk kulit. 

Kulit perokok aktif akan tampak kusam, kasar dan keriput lebih cepat dibanding dengan non perokok. 

Selain itu jagalah kulit kita dari sengatan matahari langsung dengan menggunakan sunblock di ruang terbuka. Rajinlah merawat kesehatan kulit dengan minum vitamin. 

Untuk wanita rajinlah menggunakan pelembab dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan kulit. Sesuaikan juga dengan jenis kulit. Apakah kulit kalian termasuk kulit sensitif, kering atau normal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.  

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

Posting Komentar