iluhnuna

Galau Memilih Template Blog? Ingat Hal Ini

8 komentar

memilih-template-blog

Kalian masih bingung memilih template blog? Atau lagi tergoda untuk ganti template? Sejujurnya bagi saya template blog itu perannya tidak kalah penting. Meskipun tetap konten adalah rajanya. 

Kalian pasti pernah pas blogwalking ketemu blog yang bikin ngga nyaman. Dari segi tampilan apalagi navigasinya yang ngga jelas. 

Biasanya yang perempuan nih suka memilih template yang tampilannya cute dan manis. Pertanyaannya adalah sudahkah template yang menarik itu memenuhi kaidah SEO friendly?

Tentang Template Blogspot

Template blogspot itu, saya harus bilang banyak yang bagus bagus dan menarik. Tampak luarnya sih begitu.

Awal aku membuat blog ini adalah untuk gonta ganti template doang. Memang pas lagi tergoda liat-liat template yang tampak menarik. Daripada ngerecokin blog utama jadi saya memutuskan buat satu blog lagi buat iseng-iseng. 

Dari awal aku tertarik sama template fiksioner buatan igniel. Tapi jujur selesai instal templatenya dan masuk menu tata letak untuk mengubah tampilan sesuai keinginan, langsung yang ngga suka karena bagi saya agak ribet. Ngatur menu saja harus berurusan dengan kode html. 

Blog utama saya menggunakan template dari way2themes. Pengaturannya cukup mudah dan tampilannya udah bikin saya langsung suka. Sebenarnya udah ngga mau ganti template lagi tapi suka tergoda kalo liat template blog orang tampak cantik.

Template tersebut tentunya tidak sempurna. Tidak otomatis ada related post dan akhir-akhir ini saya baru tau kalo blog saya itu tidak ada h1 di halaman home. Karena headernya saya ganti dengan gambar buatan sendiri. 

Akhirnya saya harus ngulik html tema nya. Untuk menambahkan hal-hal lain pengguna blogspot pastinya sering ngulik html templatenya. Bahkan saking seringnya saya mantengin html untuk mempercantik tampilan blog sampe yang berasa familiar sama kode html tersebut. Pssstt kode html blog sendiri ya.

Ada hal yang perlu diperhatikan saat edit html template:

1. Kerjakan saat situasi tenang tidak ada gangguan

2. Jangan panik dan perhatikan kode tersebut baik-baik sebelum diubah

3. Sebelum disave ada baiknya melihat tampilan preview terlebih dahulu

4. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya kalian cadangkan tema terlebih dahulu


Kembali Ke Fiksioner Template

Setelah yang merasa bosen nyari template yang cantik dan saya jadi ingin mengisi blog baru ini. Syukur-syukur bisa konsisten dan bisa dibuat TLD nantinya. 

Jadi saya balik menggunakan template fiksioner. Katanya ngga suka tapi kok dipasang lagi??? Hmm kayak yang udah capek berkelana aja dan template ini banyak digunakan oleh para blogger,  pasti ya template ini bagus dan SEO friendly. 

Kendala utama saya itu males di ngatur menunya, seperti yang saya bilang dia pake mode html bukan link list gitu. Akhirnya saya harus mengeluarkan ekstra tenaga dan pikiran pastinya. Maklum belum familiar sama kode htmlnya. 

Akhirnya saya ketemu tutorial dari blog mbk Zakiawida.com. Alhamdulilah penjelasannya lengkap. Akhirnya masalah penting yaitu mengatur menu bisa selesai. 

Intinya karena males mencoba saja jadinya terlihat susah. Padahal setelah diniatkan ternyata ya terselesaikan. Bingung sudah pasti tapi selama otak masih bekerja pasti bisa.  


Galau memilih template blog? Ingat hal ini

Sebagai blogger pemula pasti yang dicari tampilan blognya dulu, ini aku sih. Jarang yang memikirkan apa nanti isi kontennya. 

Awal saya buat blog juga begitu. Akhirnya berujung cuma dibuat aja dan tidak diisi dan itu terjadi selama bertahun-tahun. Kata orang "membuat itu mudah, konsisten mengisinya yang susah."

Buat kalian yang masih tergoda gonta ganti template blog karena alasan yang terlihat cantik doang. Sudahi kegiatanmu itu, fokuslah menulis dan cintai templatemu. 

Selama template itu tidak bermasalah dan masih normal semuanya masih bisa diperbaiki dan dipercantik. Cuma ya butuh ekstra tenaga dan pikiran.

Saat kalian galau memilih untuk mengganti template blog ingatlah ini:

1. Alasan kalian harus ganti template.

Kalau karena cuma ingin ganti ke yang lebih menarik mending ngga usah. Setelah ganti template kalian juga harus mempermaknya. 

Daripada capek dandani template baru mending yang dandani template yang ada. Masalah warna masih yang bisa diganti kok. Cari tutorial dari berbagai sumber pasti ada.

2. Apa yang kalian sudah tanam di template sebelumnya

Kode Search Console, Google Analytics, kode pinterest dsb. Ingatkah kalian letaknya dimana? dan kodenya gimana? kalo aku sendiri lupa. 

Makanya masih yang mikir-mikir ganti template blog utama. Selain kode utama itu pasti kalian juga ada memasukkan kode html lain untuk membuat tampilan blog kalian lebih baik. Ingatlah usaha saat-saat itu. 

Jadi masih ingin mengganti template?? kalau mengganti template karena alasan agar Seo freindly ya oke-oke aja. 

Tapi kalau bagi blogger pemula macam aku ini yang suka ganti template karena terlihat cantik dah lah jangan... seru sih tapi ya buang-buang waktu.

Sibuk mempercantik blog tapi lupa nulis, akhirnya blognya malah kosong. Semoga tulisan ini memberi manfaat buat temen-temen bloger pemula.


    
De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

8 komentar

  1. Sampai sekarang pun saya masih gatel gonta ganti template blog kak. Padahal ya, gak paham kode html. Tapi tangan kerasa gatel pengin ganti template, kalau ngelihat template blogger lain yg kece2. Setelah dipikir2, sebenarnya gonta ganti template ini agak sia-sia selama tujuan saya cuma pengin ganti aja. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang kalo dilihat dr tampilan doang rasanya pengen ganti2. Punya orang itu kelihatan cantik2 gt

      Hapus
  2. Saya jg termasuk yang sering banget gonta-ganti template karena bingung, banyak banget template gratis yang cantik-cantik rasanya pengen pake semua ke blog saya huu😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi saya juga pernah ada di masa itu mba. bahkan kadang sampe sekarang suka liatin blog orang yg templatenya cantik jadi pengen juga. haha. cuma balik lagi males ke nyeting awal2 nya itu

      Hapus
  3. Saya juga barusan ganti template blog. Dapat masukan kalao template lama itu struktur H1, H2 dll-nya berantakan.

    Sempet mau pakai textrimnya kak igniel, tapi ya itu...ngatur layout aja harus ngoprekin html. Kan wegah jadinya, ga bisa mobile.

    Akhirnya nemu lah template di Templateify yang sesuai sama style saya. Dan bisa ganti layout sederhana tanpa harus nguthekin html.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih template kak igniel itu memang dibuat penuh html.

      Hapus
  4. Aku malah lebih suka ngatur menu kek di Fiksioner, daripada link list, capek ngatur naik turunnya.. hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah suka yg link list coach karena ngga ribet mikir. hihihi. Mohon bimbingannya coach menata template fiksioner ini.

      Hapus

Posting Komentar