iluhnuna

Ini Dia Cara Menyimpan Cabai Agar Awet Di Kulkas

Posting Komentar

Siapa disini yang suka makan pedas? Aku adalah penggemar makanan pedas. Kalau tidak pedas rasanya ada yang kurang. 

Sebagai ibu-ibu yang sering berkutat di dapur, aku paling tidak suka bolak balik ke warung. Apalagi cuma buat beli cabai. 

Kalau warungnya dekat sih tidak masalah. Tapi kalau jauh agak merepotkan ya. Apalagi aku tipe orang yang tidak tiap hari belanja. Jadi biasanya, sekali belanja itu untuk dua atau tiga hari.

Masalahnya kalau membeli cabai kebanyakan jika dibiarkan di ruang terbuka dia akan cepat lembek dan busuk. Atau tidak, dia akan kering sehingga kalau dibuat masak lagi aku pribadi tidak suka. 

Jika dimasukkan ke freezer cita rasa pedasnya cenderung berkurang dan setelah dicairkan akan jadi lembek dan berair. Berbeda dengan cara menyimpan bawang yang akan awet jika diletakkan di suhu ruang. 

Akupun memilih menyimpan cabai di kulkas. Ini dia cara menyimpan cabai agar awet di kulkas ala iluhnuna. 

Cara Menyimpan Cabai Agar Awet Di Kulkas

Kulkas di rumah bisa dibilang adalah benda yang penting. Sebab adanya kulkas di rumah bisa membantu kita menahan keawetan jenis makanan baik mentah maupun matang. 

Nah yang akan aku bahas disini adalah untuk menyimpan cabai. Bumbu dapur yang bisa membangkitkan selera makan. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Pilih Cabai Segar

Ketika membeli cabai sebaiknya kita memilih cabai yang segar. Karena kualitas cabai juga menentukan daya simpannya. Jika membeli cabai yang sudah bercampur, sebaiknya pisahkan sebelum menyimpannya ke dalam kulkas.

2. Buang Tangkai Cabai. 

Biasanya tangkai ini lebih cepat membusuk. Sehingga akan membuat buah cabai lainnya basah dan mempercepat pembusukan. 

Sebaiknya potong tangkai cabai dengan pisau atau gunting. Namun sisakan sedikit pada bagian bawahnya jangan dibersihkan semua. 

3. Jangan Mencuci Cabai 

Sebagian orang mengira kalau bumbu yang disimpan itu harus dalam keadaan bersih. Iya sih benar tapi tidak semuanya bisa diperlakukan seperti itu.

Bersihkan cabai dengan tisu jika memang dia dalam keadaan basah. Pastikan kita menyimpan cabai dalam keadaan kering. Jika buah cabai basah dan lembab itu akan mempercepat proses pembusukan. 

4. Simpan Dalam Wadah Tertutup

Masukkan cabai kedalam wadah tertutup. Sebelumnya beri alas tisu dapur atau tisu biasa juga boleh. Sebelum menutup wadah, letakkan lagi tisu di atas cabai barulah ditutup rapat.

Hal ini akan melindungi cabai dari kelembapan yang dihasilkan kulkas. Sehingga buahnya tidak terkena air yang muncul di tutup wadah tersebut.  

5. Simpan Bersama Bawang Putih

Kalian juga bisa memasukkan bawah putih ke dalam wadah penyimpanan. Tidak usah terlalu banyak cukup satu atau dua siung saja. Bawang putih bisa menjaga cabai agar tidak cepat busuk dengan kandungan antibakterinya 

Kesimpulan

Cara menyimpan cabai agar awet di kulkas bisa membuat cabai bertahan hingga 1 minggu lebih loh. Lumayan kan menghemat waktu dan uang belanja. 

Kita juga belajar mengelola bahan baku makanan dengan baik. Jangan lupa cobain tipsnya ya teman. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar